Cara tepat memanfaatkan lahan kosong agar tidak terbengkalai

investasi lahan kosong

Memiliki lahan kosong sebaiknya jangan dibiarkan terbengkalai begitu saja karena lahan kosong sangat banyak sekali manfaatnya untuk sumber penghasilan tambahan. pemanfaatan lahan kosong di bawah ini barangkali bisa menjadi bahan pertimbangan

1. Beri pembatas yang jelas

Hitung luas lahan milik Anda sesuai dengan sertifikat tanah, lalu lindungi investasi tanah atau rumah Anda dengan pagar pembatas yang jelas. Pagar pembatas ini berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti perluasan kediaman tetangga yang melebihi batas atau pemanfaatan lahan tanpa izin seperti dijadikan tempat pembuangan sampah maupun tempat membangun bedeng.

2. Jadikan kebun atau ladang

Daripada sekadar ditumbuhi ilalang, tanami lahan Anda dengan pohon buah-buahan atau tanaman sayur dan palawija seperti jagung, ubi, singkong, cabai, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati hasil panen buah dan sayuran segar dari kebun sendiri. Jika jumlahnya cukup melimpah, hasil panen dari kebun Anda ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan.

3. Disewakan untuk tempat usaha

Banyak orang yang mencari lahan kosong di lokasi strategis sebagai lokasi usaha, misalnya untuk mendirikan bengkel dan tempat cuci kendaraan, gudang penyimpanan bahan bangunan, workshop perabot rumah tangga, pabrik skala kecil sampai menengah, pool taksi, bahkan juga POM bensin—apabila luas tanahnya cukup besar. Tantangan dalam hal ini adalah mencari mitra usaha yang kompeten dan bisa dipercaya, sehingga Anda mendapatkan keuntungan yang cukup memuaskan dari menyewakan lahan.

4. Dijadikan tempat kost atau rumah kontrakan 

Pelajari rencana tata ruang dan rencana pengembangan wilayah di daerah sekitar lahan Anda. Jika akan dibangun perguruan tinggi, rumah sakit, ataupun pabrik di sekitarnya, maka pemanfaatan lahan kosong Anda sebagai tempat kost ataupun rumah kontrakan bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Setelah pembangunannya rampung, jangan lupa mendapatkan polis asuransi untuk melindungi tempat usaha Anda dari berbagai risiko yang tak dikehendaki.