Cermat Pilih Ruko, Bisnis dan Investasi Cerah

logo mahkota property

Invest your time before your money, begitu bunyi petuah investor di zaman modern. Artinya, kita perlu melakukan riset kecIl dan menimbang dengan matang sebelum memutuskan untuk menginvestasikan sejumlah dana. 

Pertama-tama, kita perlu memahami, ada sejumlah instrumen investasi yang tersedia. Reksadana, deposito, saham, emas, atau properti. Masing-masing punya keunggulan tersendiri. Namun, sejauh ini, properti masih di baris depan dalam hal potensi return.

Saat ini, properti yang berjenis rumah toko (ruko) kian diminati. Selain karena harganya yang akan terus naik, ruko bisa digunakan untuk kantor, tempat berdagang, atau disewakan. Ruko bisa memberikan yield (penghasilan pasif dari nilai sewa per bulan) dan capital gain (kenaikan harga properti per tahun sampai terjadi transaksi pembeliannya) yang menguntungkan.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum membeli ruko. faktor paling penting tentu saja terkait dengan lokasi. Selain menentukannilai properti, lokasi juga berperan vital dalam keberhasilan berbisnis. lokasi yang idela untuk ruko adalah yang dekat dengan kawasan residensial. Bisnis yang dijalankan di daerah dengan pangsa pasar luas cenderung lebih cepat mendatangkan keuntungan. 

Posisi ruko pun akan berpengaruh terhadap kelancaran bisnis. Posisi paling baik adalah yang menghadap jalan. Orang yang lewat bisa langsung menangkap informasi tentang toko, kafe, atau restoran Anda. Para pengunjung pun tidak kerepotan ketika akan mampir. Sediakan pula ruang parkir yang memadai. 

Belilah ruko dalam keadaan prima. Bisa yang benar-benar baru atau dijual pemilik lamanya, tetapi Anda tidak perlu melakukan banyak renovasi, Keperluan perbaikan di sana-sini akan memaksa Anda mengeluarkan biaya tambahan. 

Yang tak boleh ketinggalan, pikirkan cara pembayaran. Anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit dari bank. Sesuaikan angsuran per bulan dengan cash flow bisnis Anda. Anda juga bisa membayar dengan tunai berharap. Biasanya, pengembang akan memberikan potongan harga yang cukup signifikan, terutama pada masa awal pembangunan ruko. 

PELUANG EMAS

Permintaan yang tinggi untuk ruko direspons pengembang Sinarmas Land untuk membuat ruko Festive Garden, kompleks ruko baru di perumahan Grand Wisata, Bekasi. Ruko ini menawarkan lokasi yang strategis dan pasar yang potensial.

Ruko ini dekat dengan Cafe Walk Garnd Wisata, RS.Hermina dan beberapa kluster di Grand Wisata. Aksesnya pun mudah karena berjarak hanya sekitar 500 meter dari pintu tol. Lokasinya yang berada di jalur transit Jakarta-Bandung memungkinkan ruko ini menjadi tempat jeda yang menyenangkan ketika orang menempuh perjalanan jauh. Ruko ini kedepannya juga bisa menjadi meeting point yang nyaman.

Ruko Festive Garden ditawarkan dalam pilihan tiga lantai dan empat lantai dengan bidang tanah 4,75 x 15 meter dan 6 x 15 meter. Ruko yang dibangun dengan konsep minimalis modern. Di setiap sudutnya terdapat selasar atau taman. Yang spesial, semua ruko menghadap ke jalan raya. Ruko ini juga tidak memiliki pembatas atau median dengan jalan raya sehingga orang yang akan bertandang bisa langsung memasukkan kendaraannya ke depan ruko yang dituju. Sistem keamanan pun memadai, setiap ruko dilengkapi CCTV.

Sebagai instrumen investasi, ruko di Grand Wisata menguntungkan. Selama ini, jarang ada ruko yang dibiarkan kosong. Artinya, respons konsumen atas orang-orang yang menjalankan bisnisnya di ruko dalam kompleks Grand Wisata positif. Bahkan harga ruko lama terus naik mengikuti harga pasaran ruko baru. 

Berbisnis di kawasan Grand Wisata juga merupakan pilihan yang bagus karena kini aktivitas di daerah ini semakin hidup. Beberapa waktu lalu, wahana permainan air Go! Wet dibuka untuk umum. Kawasan Grand Wisata pun kian banyak dikunjungi orang karena menyediakan saran rekreasi yang menarik untuk keluarga. Dengan begitu, potensi pasar bukan hanya warga yang tinggal di sekitar ruko, melainkan juga orang-orang yang lalu-lalang di kawasan Grand Wisata. 

Ruko Festive Garden akan diluncurkan pada 14 Juni 2015. Pada peluncuran ini, ada promosi khusus. Peminat ruko bisa mengangsur pembayaran hingga 36 kali. Ada oula program cash back yang tentu saja menguntungkan pemilik ruko.

Pertimbangan matang dan pembuatan keputusan yang bijak tapi berani merupakan kunci berbisnis dan berinvestasi. Saatnya menentukan langkah dan memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin. (IKLAN/NOV)

sumber : Kompas, Selasa, 9 Juni 2015, halaman 23 (info property)