Dua Penghargaan Internasional untuk Summarecon Grup

FIABCI

Selama setengah abad belakangan ini, usaha properti telah berkembang pesat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Tumbuhnya kota-kota di berbagai belahan dunia membuat peran pengembang properti semakin besar dalam menyediakan hunian dan aneka gedung penunjang fasilitas.

Membangun perumahan tak lagi sekedar mendirikan tempat tinggal, tetapi menjadi sebuah perwujudan gagasan menciptakan eksosistem yang sehat dengan lingkungan yang asri. Kondisi inilah yang kemudian membuat sejumlah lembaga pemerhati real estat dan properti menciptakan ruang apresiasi bagi pengembang yang menunjukkan kelas profesionalnya.

Di dalam lingkungan pengembang properti, setidaknya dikenal dua lembaga internasional bergengsi yang tiap tahun menyelenggarakan kompetisi untuk memberi penghargaan terhadap karya terbaik pengembang-pengembang professional dari seluruh dunia, FIABCI dan International Property Awards.

FIABCI merupakan singkatan dari Federation Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers atau Federasi Real Estate International. Didirikan pertama kali di Perancis pada 1948, kini FIABCI telah memiliki kantor cabang di 60 negara dan membawahkan 120 asosiasi professional real estat dengan total anggota mencapai 500.000 pengembang professional di seluruh dunia.

Sejak 1992, tiap tahun lembaga ini menyelenggarakan “The FIABCI prix d’Excellence”. Pada 2015, FIABCI member penghargaan dalam 12 kategori yang terdiri atas rehabilitasi/konservasi lingkungan, restorasi/konservasi bangunan bersejarah, hotel, master plan¸perkantoran infrastruktur/fasilitas publik, bangunan khusus, apartemen/kondominium, perumahan, resor, pertokoan dna bangunan hemat energy (sustainable development).

Setiap proyek yang diajukan oleh pengembang untuk dilombakan akan dinilai sejumlah juri professional dari berbagai Negara. Penilaiannya meliputi berbagai sisi, mulai dari arsitektur dan desain bangunan, proses pembangunan dan konstruksi, pembiayaan dan pemasaran, dampak lingkungan, sampai manfaatnya untuk masyarakat.

Penilaian itu hampir sama dengan yang dilakukan pada kompetisi International Property Awards (IP Awards). IP Awards yang telah mulai menyelanggarakan kompetisi hasil karya properti sejak 1995 ini adalah lembaga pemberi penghargaan tingkat regional dan internasional. Wilayah regional yang diperlombakan meliputi kawasan Afrika, Asia Pasifik, Arabia, Kanada, Karibia, Amerika Tengah dan Selatan, Eropa Inggris dan Amerika Serikat.

“ World Gold Premiere”

Menjadi yang terbaik di level Internasional dalam karya properti adalah impian setiap pengembang real estat. Summarecon telah mencapai posisi itu ketika pada 2014 mendapatkan dua penghargaan International Property Awards (kategori Best International/Terbaik di Dunia) untuk proyeknya TK Pahoa di Summarecon Serpong.

Kerja keras Summarecon Serpong terus berlanjut hingga kembali menuai apresiasi. Pada Mei 2015, pengembang properti papan atas di Indonesia ini mendapat dua penghargaan sekaligus untuk mendapatkan piala emas Prix d’Excellence yang diselenggarakan tahun ini atas upayanya membangun kawasan hunian The Springs di Summarecon Serpong, Proyek yang sama juga dinobatkan sebagai peraih “5 star”, atau predikat Terbaik Indonesia oleh International Property Awards.

Penghargaan-penghargaan kelas dunia ini semakin membuktikan bahwa Summarecon, di usianya yang ke 40 tahun, patut diperhitungkan sebagai pengembang properti yang diakui profesionalitasnya di tingkat internasional. (IKLAN/*/NOV)

Sumber : Kompas, Selasa 9 Juni 2015, halaman 11. (info properti)