Memulai Investasi Properti dengan penghasilan standar

investasi properti dengan modal standar

Sekarang ini sangat sulit apabila Anda hanya mengandalkan gaji bulanan untuk menjalani kehidupan sehaari-hari apalagi untuk menabung . Salah satu cara supaya Anda aman ketika hari tua nanti adalah anda harus mencari tahu tentang apa itu investasi serta cara memulainya . Namun ketika mendengar kata investasi banyak orang akan langsung masa bodoh. Berinvestasi sering disebut sebuah hal yang mewah yang hanya di miliki para orang berkantong tebal . Investasi juga memiliki resiko yang sangat tinggi . Akan tetapi tidak semua investasi itu beresiko tinggi . Ada juga  jenis investasi yang sedikit menimbulkan resiko contohnya seperti investasi properti . 

Investasi dalam bidang properti bisa dikategorikan paling aman jika dibandingkan dengan investasi saham, obligasi atau emas . Ini dikarenakan nilai properti lebih sering meningkat setiap tahunnya . Apabila di masa yang akan datang jumlah penduduk semakin besar dari jumlah properti tersedia maka tidak mungkin harganya naik  drastis . Namun modal yang diperlukan dalam memulai investasi ini lumayan besar .

Sudah hal biasa jika mereka yang masih merasa nilai gajinya sedikit sering merasa investasi properti hanya sebuah bayangan semu . Dalam menambah  tabungan saja masih susah lalu bagaimana bisa memulai investasi . Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa  tips untuk memulai investasi apabila masih merasa gajinya kurang ; 

Pertama yaitu Mencatat Kondisi Keuangan

Mencatat kondisi keuangan pribadi merupakan sebuah langkah paling penting untuk dilakukan sebelum memulai investasi apapun jenisnya . Anda harus membuat catatan mengenai keuangan anda mulai dari pendapatan, pengeluaran wajib seperti tagihan listrik, telepon, air, internet, TV berlangganan, kartu kredit, cicilan bank, dan konsumsi bulanan serta pengeluaran tak terduga secara teliti . Dengan begitu anda akan mengetahui berapakira-kira  selisih antara pemasukkan dengan pengeluaran yang dapat disisakan sebagai modal investasi. Apabila selisih masih kecil maka anda harus menekan pengeluaran konsumsi Anda agar dapat berinvestasi.

Kedua yaitu Memilih Perumahan Baru

Apabila selisih pendapatan sudah dirasa cukup untuk investasi maka anda sudah bisa memulai mencari bisnis properti . Akan lebih tepat bila anda pilih perumahan baru. Biasanya developer akan melakukan beberapa promo yang menguntungkan dan memudahkan konsumen supaya properti barunya terjual . Maka Anda hanya perlu menyiapkan dana awal berupa uang muka seikitar 5 persen sampai 25 persen . Bahkan ada juga developer yang menawarkan properti dengan uang muka 0 persen atau bisa dibilang tanpa DP dan sisanya bisa dibayarkan dengan KPR. Bangunan yang baru juga tidak perlu biaya untuk renovasi. 

Ketiga yaitu Memanfaatkan Bonus Atau Tunjangan Hari Raya Untuk Modal Awal

Modal awal dalam investasi properti bisa didapat dengan cara menabung. Namun jika anda tidak sabar menunggu tabungan menjadi banyak maka anda bisa juga memanfaatkan saja bonus tahunan atau tunjangan hari raya yang Anda dapatkan dari kantor. Mendekati lebaran atau setelahnya biasanya developer juga menawarkan banyak promo yang menarik untuk dapat dimanfaatkan , salah satu contohnya yaitu dengan memberi promo uang muka yang lebih ringan.

Keempat yaitu Mengembangkan Investasi Properti Dengan Sewa

Properti yang Anda miliki dapat disewakan guna menambah pemasukkan bulanan. Namun ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu perjanjian dari bank yang memberi KPR . Ada juga bank yang tidak mengizinkan properti disewakan sebelum lima tahun . Ini adalah alasan mengapa anda harus pintar mengatur keuangan untuk menyiapkan modal investasi dan memiliki strategi yang tepat dalam memilih dan menjalani properti, Anda harus lebih teliti juga dalam memilih bank penyedia KPR. Investasi properti membutuhkan pengalaman dan sebelum mendapatkan keuntungan Anda harus menunggu dalam jangka waktu yang panjang.  

Rumah bukan hanya sekedar tempat untuk melindungi Anda dan sekeluarga dari panasnya terik matahari dan derasnya hujan . Rumah juga bisa dikatakan sebuah simbol tentang bagaimana kemampuan seseorang dalam membangun sebuah keluarga. Jika masih mengandalkan orang tua dalam hal tempat tinggal meski orang tua sangat kaya pun tentu anda akan seperti orang yang tidak bisa membangun sebuah keluarga. Rumah juga menjadi sebuah kebanggan tersendiri daripada memiliki uang berlimpah . Dengan tampilan rumah terkesan mewah meskipun banyak hutang maka anda akan lebih bisa tampil percaya diri daripada punya banyak uang tetapi keadaan rumah terkesan kumuh. Semua orang tentu membutuhkan properti rumah yang layak dihuni dan berharap dengan tampilan yang terkesan mewah namun tetap dengan modal yang tidak terlalu mahal . Namun untuk mendapatkan rumah idaman dengan harga murah hanyalah khayalan semata jika meraih sisa uang gajian saja tidak mampu . Tentunya ada beberapa cara bagaimana melakukan investasi ke dalam properti rumah di saat uang gajian masih belum mencukupinya , berikut ini akan saya sampaikan beberapa caranya ;

1. Menginvestasikan Sisa Uang Gajian Ke Dalam Tabungan 

Caranya mudah yaitu cukup mengunjungi beberapa kantor cabang bank untuk membuka rekening. Anda harus membawa uang sekitar dua juta untuk setoran awal , lalu nasabah bisa memulai perencanaan keuangan kepemilikan rumah bank  dengan setoran lanjutan relatif ringan minimal Rp 100 ribu.

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika membeli properti rumah kesulitannya adalah tidak adanya uang pas ketika penjualan rumah memakai sistem tunai . Harga rumah tidak seperti harga perabotan elektronik ataupun perabotan rumah tangga yang hanya di bawah sepuluh jutaan. Harga properti rumah dapat mengambil dari semua tabungan hasil bekerja selama 10 tahun . Jika tidak ada persediaan tabungan, tentu akan lebih menyulitkan lagi ketika tidak ada sistem kredit rumah. Jika menunggu uang terkumpul biasanya harga properti rumah bisa lebih mahal lagi untuk waktu ke depannya. Dengan adanya tabungan perumahan ini memungkinkan semua orang bisa berencana memiliki rumah dengan mudah. Cukup dengan menggunakan sistem tabungan yang ada di beberapa bank .

Tabungan perumahan bank yaitu tabungan berjangka yang di bundling dengan asuransi. Karena menggunakan asuransi jadi menabung tiap bulan bersifat wajib. Jadi harus selalu sedia uang 100 ribu untuk ditabungkan tiap bulan. Apabila Anda ingin mempunyai rumah tentu anda harus terlebih dahulu memiliki tanah. Bisa saja Anda membeli langsung dalam bentuk rumah atau bangunan . Maka otomatis hak legalitas tanah pun bisa Anda miliki . Ini dapat memberi sebuah inspirasi untuk mencari tanah yang bisa dibangun untuk sebuah investasi yang menguntungkan dengan mengandalkan gaji kecil.

 

Cara menjalankan investasi dalam proyek properti yaitu dengan mengandalkan uang yang terbatas dan anda bisa memanfaatkan pemilik tanah. Anda bisa mencari tempat yang strategis terlebih dahulu sebelum melakukan negosiasi dengan pemilik tanah. Pastikan bahwa tanah berada di lokasi yang bisa berpotensi menghasilkan keuntungkan yang besar nantinya . Lalu proyek apa yang bisa Anda bangun? Yaitu adalah Properti kios , Properti kos dan Properti ruko . Tiga hal tersebut sangat cocok untuk Anda yang berinvestasi ke dalam properti rumah dengan modal kecil karena Anda bisa membangun rumah di sekitar proyek properti tersebut. Untuk membangun properti kios, kos, dan ruko tentu anda tidak harus memiliki modal besar dan juga tidak perlu membangun secara bersamaan . 

Proyek ini sangat pas untuk orang yang hanya memilik gaji standar . Yang terpenting anda sudah harus ada persiapan lahan ketika suatu saat ingin memperbanyak bangunan. Untuk memiliki tanah anda hanya perlu membeli sebagian tanah khusus proyek dan rumah Anda dengan sistem kredit. Anda juga bisa menawarkan  kepada pemilik tanah untuk kerjasama jika ingin menjual tanahnya dengan cara kredit. Jika pemilik tanah percaya dengan kemampuan Anda membangun properti penghasil keuntungan yang besar .Pemilik tanah akan dengan mudah memberikan tanahnya tanpa harus dibeli dengan secara tunai. Daripada tanah tidak terpakai dan menunggu harga mahal, lebih baik dibangun properti yang menghasilkan keuntungan dengan cepat.