Rencanakan sejak dini pensiun sejahtera di hari tua lewat properti

pensiun sejahtera lewat properti

Sebelum pensiun dari pekerjaan/profesi yang saat sekarang anda tekuni, apakah anda punya gambaran/rencana tentang masa pensiun anda? Ketika usia produktif sangat mudah untuk hidup mewah dan gaya hidup konsumtif, ketika usia pensiun belum tentu tetap bisa menikmati gaya hidup yang dijalani ketika masa produktif.

Kenyataanya, lebih banyak yang menjalani masa pensiun dengan serba kekurangan dan dengan terpaksa ‘dibiayai’ oleh anak-anaknya, walau itu menjadi kewajiban anak, tapai akan lebih baik dan lebih bermartabat ketika tetap berpenghasilan dan bisa produktif lewat tanbungan yang selama ini dibangun.

Nah tabungan apa yang layak untuk dibangun untuk menghadapi masa pensiun yang penuh ketidakpastian, berikut beberapa tips menjadi pensiunan kaya HANYA lewat properti:

  •  Jangan terburu-buru eksekusi properti, jika belom mempertimbangkan untung dan rugi nya. mintalah pendapat dari orang lain yang dianggap mengerti tentang hal ini
  • Jangan menaruh telur disatu keranjang, diversifikasi dalam properti sangat banyak, dengan membeli properti dikawasan yang berbeda, atau jenis properti yang berbeda, misalnya rumah, ruko, apartemen, dan lain-lain. Lantaran properti bersifat lokal (localized), maka pertumbuhan nilai investasi pun berbeda-beda. Begitu pula jenis investasi properti yang berbeda pertumbuhan investasinya terutama jika dilihat dari “jangka investasi properti”
  •  Buatlah nilai tambah, jika anda sudah punya tanah jangan hanya dibiarkan berbentuk tanah tanpa ada produktivitas. Properti yang tampak tak menarik bahkan bisa memberikan keuntungan jika diberi nilai tambah.
  •  Menguasai pasar lokal, mengetahui pasar suatu lokasi baru, bukan perkara mudah. Pasalnya, setiap pasar atau kawasan memiliki karakteristik, regulasi, fasilitas pendukung, dan infrastruktur tersendiri yang berbeda dengan kawasan lain.
  • Mulai dari rumah, jika anda mendekati usia pensiun dan tinggal di rumah yang cukup luas, cobalah membuat rencana untuk membagi beberapa kapling untuk disewakan. misalnya menjadi kios dagang.
  • Manfaatkan suku bunga KPR, ini berlaku bagi anda yang belum memiliki properti menjelang pensiun. pola KPR ini dinilai paling ringan karena bisa memanfaatkan propertinya walaupun pembayaran belum lunas.
  • Kelola dengan hati, jika semua asset sudah terbangun, maka mulailah untuk mengelola dengan hati-hati. fokus untuk mencukupi kebutuhan pensiun anda, juga untuk donasi sosial sebagai bekal amal anda kelak.

Dengan demikian, anda sudah berusaha untuk mandiri walau dalam usia pensiun sekalipun.