Tips Hemat Beli Rumah Tanpa Cicilan Bank

Beli rumah tanpa cicilan bank

Tips Hemat Beli Rumah Tanpa Cicilan Bank

Memiliki rumah sendiri adalah impian bagi siapa saja, terutama yang sudah bekerja dan mempunyai keluarga. Namun banyaknya permasalahan yang dihadapi untuk mewujudkannya menjadi hambatan bagi beberapa orang. Untuk karyawan dengan penghasilan yang hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari, beli rumah sendiri bagaikan impian yang baru dapat terwujud dalam jangka waktu lama.

Hambatan seperti harga tanah dan rumah yang selalu meningkat dari waktu ke waktu jadi masalah utama bagi mereka. Solusi yang diambil biasanya adalah mengambil KPR (Kredit Pemilikan Rumah), baik dengan bunga mengambang (floating rate), maupun bunga bersifat tetap (fixed rate). Padahal sebenarnya masih ada strategi kreatif yang dapat dilakukan tanpa harus menyicil ke bank. Begitulah kira-kira yang disampaikan oleh Hari Putra, motivator finansial dan managing director WF 19 Technology Inc.

Beginilah strategi yang diajarkannya untuk Anda praktekkan:

1.Berkenalan dengan Teman dari Bidang Properti

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah berkenalan dengan teman yang bergerak di bidang properti. Ini untuk memudahkan urusan dan pengetahuan Anda seputar rumah dan tanah, serta faktor hukum yang meliputinya. Bagikan keinginan Anda mengenai tipe rumah yang Anda inginkan, lokasi, dan harganya saat ini dan di masa depan.

 

2.Menjadi Sweat Equity Developer

Tidak banyak orang yang menekuni profesi di bidang developer. Selain karena perlu waktu untuk memahami alur kerjanya hingga dapat menghasilkan, tidak sedikit pula modal yang harus dikeluarkan. Namun dengan menjadi sweat equity developer alias pengembang modal dengkul, Anda akan bisa memiliki rumah idaman. 

Caranya adalah mengumpulkan dua jenis pemilik, yaitu pemilik lahan dan pemilik uang, yang kelak Anda gunakan untuk biaya operasional kantor dan biaya promosi seadanya. Lalu buatlah kesepakatan, jika Anda bisa mendapatkan pembeli – tentu dengan support si pemodal – maka salah satu rumah yang akan dibangun jadi milik Anda. Dibutuhkan waktu minimal dua tahun untuk bisa merealisasikannya dan selama kurun waktu tersebut Anda akan makin mahir dalam bidang ini.

 

3.Menjadi Agen Properti

Pernahkah Anda berpikir untuk menjadi agen properti? Dengan semakin banyaknya kelas menengah atas yang pertumbuhannya bertambah pesat, maka kebutuhan rumah pun akan semakin mendesak. Bila hal tersebut terjadi, secara otomatis permintaan akan penjual rumah terorganisir atau agen properti juga meningkat. Ini bisa jadi cara yang kreatif tapi butuh kegigihan untuk bisa mendapatkan komisi yang berkisar 2-3% dari harga jual rumah.

4.Investasi di Sektor Riil

Anda bisa juga mencoba untuk berbisnis di sektor riil dengan menjual produk halal yang sedang trend digemari masyarakat. Dengan menjadi distributor yang memiliki banyak jaringan agen dan semakin banyak agen yang bekerja untuk Anda, maka semakin banyak pula keuntungan yang Anda dapatkan untuk kelak membeli rumah impian Anda.

 

5.Menabung dalam Dinar Emas atau Emas Koin

Bila Anda sudah mendapatkan target rumah yang dikehendaki dan harga yang sesuai,

Menabunglah hingga mencapai harga tersebut. Masalahnya, saat sudah mencapai target harga, tentunya rumah yang Anda inginkan juga sudah mengalami kenaikan harga atau bila tidak sudah dibeli oleh orang lain. Alhasil, Anda jadi gagal untuk memilikinya.

Solusi yang bisa Anda lakukan yaitu menabung dalam bentuk koin dinar emas atau emas dalam bentuk koin yang beratnya 4,25 gram. Koin dinar emas atau emas koin bernilai lebih tinggi dibandingkan dengan uang biasa. Maka carilah pemilik rumah yang bersedia untuk dibayar dengan koin emas tersebut.

 

6.Mencari Angel Investor

Angel investor adalah orang atau institusi yang bersedia membantu Anda membelikan kediaman yang Anda inginkan tanpa pamrih atau riba. Artinya ia tidak memberikan penambahan uang sepersen pun dan hanya ingin membantu demi kebaikan dan mendapat pahala dari Tuhan YME.

Meski tidak mudah di zaman sekarang ini untuk mendapatkan orang seperti itu, tapi bila Anda jeli pasti tetap akan ada sedikit orang yang masih mau berbaik hati membantu Anda. Dengan begitu, tiap bulan Anda bisa menyicil tanpa harus dibayangi rasa takut akan gagal bayar dan penyitaan rumah, seperti bila menyicil lewat bank.

Sumber: PriceArea.com