Rencana Pemerintah Menaikkan Pajak Barang Mewah Sektor Properti

Kebijakan terbaru di sektor properti mengenai rencana pemerintah yang akan menaikkan pajak barang mewah.

Pemerintah berencana menaikkan pajak barang mewah untuk sektor properti dengan tujuan menghindari harga properti yang melambung tinggi karena spekulan dan pemilik modal besar dan investor properti. Kebijakan ini akan jelas jelas di tentang oleh pelaku industri properti seperti developer perumahan dan agen properti.

Mari kita lihat sejenak ke tahun 2014 dimana tahun politik dengan adanya pemilu legislatif dan pemilihan presiden sangat mengganggu kestabilan transaksi properti. Kebijakan pemerintahan Presiden Jokowidodo yang di tunggu tunggu oleh pelaku industri properti dengan harapan bisa memperbaiki kondisi ekonomo semakin membaik akan tetapi malah membuat kecewa banyak pihak terutama pelaku industri properti.

Fakta di lapangan banyak sekali kantor agen properti yang tutup atau gulung tikar karena menurunnya penjualan jual beli dan sewa properti. Apabila kebijakan menaikkan pajak barang mewah untuk properti kelas atas, agen properti harus memutar otak dan keluar dari kebiasaan untuk bertahan hidup.

Salah satu kebijakan yang sampai saat ini di rasakan dampaknya oleh agen properti adalah undang undang minerba yang melarang export tambang yang belum di olah. Kondisi ini membuat orang asing yang bekerja di pertambangan menjadi pengangguran dan akhirnya harus pulang kampung ke negara asalnya, dampaknya adalah terjadi penumpukan stok rumah kosong yang biasanya di sewakan kepada expatriate dan sekarang menjadi rumah tanpa penghuni.

Selain itu dengan ketidak stabilan nilai tukar rupiah membuat perusahaan besar menahan laju investasi di sektor tertentu karena akan berpengaruh terhadap harga bahan pokok. Mungkin untuk pengusaha yang memberlakukan transaksi di hitung dari nilai tukar dollar ini tidak akan menjadi masalah, sementara rata rata pengusaha di indonesia mematok harga berdasarkan rupiah.

Harapan kami supaya pemerintah berpihak kepada pengusaha sehingga tercipta lingkungan bisnis yang stabil dan sehingga bisa menyerap banyak lapangan kerja.

 

Julizar

comments powered by Disqus