Tips agar rumah bersih dan terhindar dari bau tak sedap

Ketika rumah Anda kedatangan tamu, tentu Anda akan menyambutnya sepenuh hati sambil berusaha memberikan kesan penerimaan yang baik bagi si tamu. Tapi semuanya akan percuma jika udara di ruangan rumah Anda bau.

Ya, udara di rumah yang terasa tidak segar, apalagi jika berbau kurang sedap, memang merupakan hal yang memalukan. Namun bau tak sedap di dalam rumah terkadang sulit dihindari karena penyebabnya bisa bermacam-macam.

Sebut saja makanan yang dimasak, karpet yang lembap, sepatu yang basah, hingga hewan peliharaan. Inilah beberapa langkah sederhana untuk mencegah sekaligus mengurangi bau tidak sedap di dalam rumah.

1. Buka jendela

Setiap hari, dari pagi hingga siang, bukalah jendela rumah, dan biarkan aliran udara memenuhi seluruh ruangan. Bahkan saat hujan, biarkan jendela terbuka selama beberapa menit. Udara segar akan dengan cepat menghilangkan bau tidak sedap.

2. Gunakan vacuum cleaner

Karpet yang sering digunakan dan keset yang lembap adalah penyebab utama ruangan berbau tidak sedap. Agar lebih efektif, setelah karpet dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner, taburkan baking soda ke atasnya dan biarkan selama beberapa jam.

Kemudian, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet sekali lagi. Baking soda berguna untuk menyerap lembap dan bau yang sulit dihilangkan pada karpet.

3. Campuran cuka dan air

Agar ruangan selalu terhindar dari bau tak sedap, bersihkan furnitur dan peralatan dapur menggunakan lap dan sabun pembersih, minimal satu hingga dua kali dalam seminggu. Kalau ingin menghemat, Anda bisa mencampur cuka dan air untuk membuat cairan pembersih sendiri.

Selain ramah lingkungan, campuran cuka dan air cukup efektif untuk membersihkan wastafel, toilet, permukaan kompor, pintu kulkas, hingga jendela kaca.

4. Bunga atau lilin

Jika Anda sudah melakukan tiga cara di atas tetapi bau tidak sedap masih tercium, berarti saatnya mengusir bau sambil mempercantik sudut rumah dengan tanaman hias.

Jika tidak ada tanaman hias yang berguna untuk menyegarkan ruangan, sesekali Anda bisa membeli bunga lili atau bunga mawar untuk membawa kesegaran dan aromanya yang menyenangkan ke dalam rumah.

Selain bunga segar, lilin aromaterapi juga bisa diandalkan untuk menutupi bahkan menghilangkan bau sementara

comments powered by Disqus