Langkah Awal Memulai Bisnis Hotel

hotel-consultant

Ingin berbisnis di bidang perhotelan? Ini adalah sebuah bisnis yang sangat menarik dan sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Tapi ingat, bisnis hotel anda harus di kelola secara professional. Salah satu hal yang pasti dari memiliki bisnis hotel adalah nilai jual properti hotel yang selalu meningkat dan nilainya jauh lebih tinggi jika di bandingkan dengan modal awal yang anda keluarkan. Tujuan utama dari bisnis hotel adalah membuat hotel anda dengan tingkat hunian yang tinggi.

Kunci sukses bisnis hotel ada di tangan pemilik dan pengelola hotel di mana kedua belah pihak harus saling bersinergi guna mencapai tujuan bersama. SDM yanghandal dan berpengalaman adalah modal awal untuk membuat bisnis hotel anda sukses.

Bisnis hotel adalah adalah bisnis yang bertujuan untuk membuat tamu senang dan terkesan dengan hotel anda, baik dari  sisi pelayaan, suasana di luar dan dalam hotel termasuk harga yang di tawarkan. Untuk mencapai tujuan di atas tentu anda harus membuat fasilitas sebanyak mungkin nyaman, aman dan terjangkau. Terkadang orang berpikir bahwa menggunakan fasilitas hotel adalah sesuatu yang mahal, mungkin itu ada benarnya tapi jika di bandingkan dengan kepuasan yang di dapat, harga bukan lagi menjadi masalah utama.

Lokasi juga merupakan kunci sukses anda dalam mengelola bisnis hotel. Lokasi yang tepat akan berpengaruh pada faktor harga yang nantinya akan di bayar oleh tamu hotel anda. Kenapa lokasi memegang peranan penting dalam industri perhotelan? karena lokasi itu unik. Meskipun hotel anda berada di jalan yang sama dengan kompetitor anda, disinilah peran konsultan hotel anda untuk membuat daya jual hotel anda supaya terlihat unik dan mengesankan.

Memulai bisnis hotel dapat kami uraikan dalam beberapa langkah sederhana dibawah ini:

1. Ide Dasar/Konsep Awal.

Ide dan konsep yang unik adalah modal awal untuk anda mencapai kesuksesan dalam menjalanjan bisnis hotel anda. Banyak pemilik hotel yang sukses hanya dengan modal ide dan konsep yang unik, sebut saja salah satunya Hilton International

2. Modal yang cukup

Ini adalah bagian terpenting yang tidak bisa di lewatkan, tanpa modal yang cukup hotel anda susah untuk berkembang kecuali anda mendapatkan keajaiban dari Tuhan Yang Maha Esa. Anda harus menghitung besaran berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun  dan mengoperasikan sebuah hotel. Apabila modal anda tidak terlalu besar anda masih tetap dapat membangun hotel dengan konsep sederhana atau budget hotel.

Untuk membangun hotel  anda tidak perlu memiliki modal hingga 100% tapi jika anda memiliki modal yang lebih dari cukup ini akan lebih baik lagi. Banyak sumber untuk membantu anda dalam mencapai tujuan bisnis hotel anda. Anda cukup memulai dengan modal 30-50% dan sisanya anda bisa dapatkan dari dana pihak ketiga. Untuk lembaga pembiayaan dan mekanisme pengembalian modal dari pihak ketiga akan kami bahas dari artikel yang lain.

3. Lokasi yang tepat

Seperti  yang sudah kami uraikan di atas, lokasi adalah faktor penentu bisnis hotel anda, sebab lokasi anda akan menentukan harga jual hotel anda, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi Return on equity (ROE) dan Return On Investment (ROI) anda .

4. Studi Kelayakan atau Feasibility Study

Sudah sangat  jelas bahwa sebagai pemilik bisnis tentu anda harus tau resiko dan peluang apa saja yang akan mungkin terjadi pada bisnis anda. Dengan membuat feasibility study anda akan mendapatkan gambaran jelas tentang rencana bisnis anda. Kami dapat membantu anda untuk membuat sebuah rencana bisnis hotel anda. silahkan anda hubungi kami disini

5. Konsultan Hotel 

Jika anda memiliki pengalaman yang cukup di bidang properti dan perhotelan tentu anda tidak akan membutuhkan konsultan hotel. Tapi jika anda hanya ahli dalam bidang hotel saja juga tidak cukup, begitupun dengan properti, masih juga kurang cukup. Terus bagaimana? anda harus punya konsultan hotel. Biasanya mereka memiliki team dan koneksi yang berpengalaman di kedua bidang tersebut. Konsultan hotel akan mempersiapkan semua yang anda butuhkan untuk bisnis hotel anda.

Jika anda membutuhkan professional untuk mengelola bisnis hotel, membuat studi kelayakan, ataupun hanya sebagai konsultan anda bisa menghubungi kami di nomor telpon di bawah ini:

021 – 29055517

Mahkota Property

The Mansion At Kemang . Jalan Kemang Raya No 3 – 5 unit GF 17