Pre Opening Hotel, Hal Penting Yang Perlu Di Persiapkan

pre-opening-services

Setalah anda selesai membangun hotel, tentu anda perlu mempersiapkan team khusus untuk mempersiapkan segala sesuatu yang nantinya akan berkaitan dengan operasional hotel anda. Dalam industri hospitality ini lebih di kenal dengan “Pre Opening“.  Faktor penentu lainnya dalam kelangsungan bisnis hotel anda adalah bagaimana Pre Opening Team  anda bisa bekerja maksimal dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelangsungan hidup hotel anda. Mereka bertugas mempersiapkan tim operasional dan tim pemasaran termasuk mempersiapkan supporting goods and tools untuk operasional.

Kebanyakan pemilik hotel tidak memahami bagaimana team ini bekerja dan melakukan set up awal hotel. Di butuhkan perencanaan yang matang tentang segala hal sedetail mungkin dengan target waktu yang jelas agar senamun tetap saja semua itu harus didukung dari sisi finansial yang mencukupi.

Cara yang paling sering di lakukan oleh kebanyakan investor hotel agar dapat melalui tahap ini dengan baik yaitu dengan meminta bantuan jasa operator hotel. Pemilik harus bersedia untuk membayar professional fee dengan nilai yang cukup lumayan. Bagaimana supaya semua bisa berjalan dengan baik? pemilik hotel dapat meminta bantuan tenaga ahli atau konsultan di bidang perhotelan yang juga menyediakan jasa pre opening dengan biaya yang terjangkau dengan hasil yang maksimal.

Kami sering bertemu dengan pemilik hotel dan berdiskusi dengan kami, banyak diantara mereka yang sudah merasa mampu dan banyak juga yang tidak paham bagaimana pre opening team ini bekerja. Kami mencoba mensederhanakan tahapan jika anda berminat untuk menggunakan jasa professional kami sebagai konsultan pre opening hotel anda sebagai berikut:

1. Penawaran

Tahap awal yang kami lakukan adalam memberikan proposal penawaran. Setelah melakukan proposal kami di setujui kami akan melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu Penandatanganan Perjanjian Kerjasama.

2. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

Apabila para pihak sudah sepakat untuk bekerjasama di bidang pre opening hotel dan atau pengelolaan hotel, maka tahap penting berikutnya adalah penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding. Ini adalah titik awal keseriusan para pihak untuk saling mengikat diri dalam sebuah kerjasama. Tanpa adanya MOU tidak akan ada tindak lanjut dari tahap 1 (Penawaran) kerjasama antara pemilik hotel dan pengelola hotel. Dalam MOU akan terlihat jelas tugas pokok dan kewajiban para pihak.

3. Survey Lokasi

Jika sudah ada kesepakatan, kami akan melakukan tahap awal dari pekerjaan inti adalah melakukan survey lokasi. Setelah di lakukan survey lokasi kami akan membuat laporan tertulis dan terperinci guna kami jadikan dasar untuk penawaran lengkap untuk persiapan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pre opening ataupun pengelolaan hotel. Ini harus di lakukan guna mengidentifikasi sarana dan prasarana yang nantinya dibutuhkan untuk operasional. Kami akan mempelajari dan melakukan analisa SWOT untuk kami implememtasikan pada saat opersional nantinya.

4. Laporan

Jenis laporan yang disampaikan untuk di implementasikan :

  1. Inventarisasi kebutuhan dan modal kerja
  2. Inventarisasi standar pelayanan
  3. Inventarisasi  SDM dan Training
  4. Inventarisasi Bangunan/Building Audit

Jadwal aktivitas kami gambarkan seperti tabel ti bawah ini

KETERANGAN

MINGGU KE

1 2 3 4 5 6 7
Penandatangan perjanjian              
Survey lapangan              
Pengumpulan data              
Penyusunan laporan              
Penyampaian laporan draft              
Review dan revisi laporan              
Training Staff              
Persiapan operasional              
Perubahan khusus              

 

5. Tahap Pelaksanaan.

Setelah segala sesuatunya terpenuhi, maka operator hotel akan melakukan pekerjaann pre opening ini berdasarkan scope pekerjaan dan tanggung jawab yang tertuang dalam perjanjian kerjasama. Tahap pre opening hotel biasanya memakan waktu 3 hingga 6 bulan sebelum grand opening.

Selengkapnya untuk preopening anda bisa baca pada artikel kami yang lain: Step by step pre opening sebuah hotel