Prospek Bisnis Hotel Di Bali Tahun 2018

kamar-hotel bali

Prospek bisnis hotel di Bali tahun 2017 terlihat masih di dominasi oleh pemain lama atau existing hotel. Menurut pengamatan saya selama tahun 2017 di Bali, hanya ada beberapa hotel baru yang di bangun. Dari beberapa hotel tersebut mungunkin saja Izin Mendirikan Bangunannya sudah ada dari sebelum surat gubernur nomor 570/1665/BPM tertanggal 27 Desember 2010 di terbitkan.

Sampai dengan saat ini pemerintah Provinsi Bali masih memberlakukan moratorium (penghentian sementara)  penerbitan izin dan pembangunan akomodasi (hotel berbintang dan non bintang) di kawasan Bali Selatan seperti di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, dan Kabupaten Gianyar.

Dengan keluarnya surat di atas, kami temukan ada banyak hotel yang tidak memiliki izin akan tetapi tetap dapat menjalankan bisnis hotel dengan jangkauan terbatas.

Bagaimana dengan tahun 2018? menurut saya masih akan sama dengan tahun tahun sebelumnya. Jika di lihat dari tingkat hunian di Bali tahun saat ini yang masih berkisar rata rata antara 40% samai 60%, pemerintah Bali akan tetap memberlakukan moratorium tersebut.

Dari beberapa sumber yang kami dapat, saat ini pemerintah Bali lebih fokus membenahi perizinan hotel yang masih belum memiliki izin tapi sudah menjalankan bisnis hotelnya. Tapi sungguhpun demikian, kewenangan investasi ada di pemerintah pusat. Jika ada perusahaan asing yang ingin berinvestasi di Bali, menurut hemat saya mungkin izinnya dapat saja di terbitkan tapi akan melalui screening yang sangat ketat.

Bagaimana dengan pengusaha lokal yang ingin berinvestasi? Tunggu dulu, mereka bisa membeli hotel dijual yang sudah ada dan memiliki izin resmi kemudian bisa mengajukan perluasan atau renovasi.

Julizar.com 2017