Step by step pre opening sebuah hotel

preopening hotel

Pre Opening untuk Hotel / Resor

Proses pra-pembukaan atau Pre Opening harus memperhatikan setiap detail kemungkinan yang mengarah pada kesuksesan dan kegagalan pembukaan hotel. Untuk itu perlu adanya perencanaan yang mulus guna memastikan kesuksesan operasi hotel di masa depan. Cek list pembuka harus disiapkan sedemikian rupa untuk memantau semua kegiatan yang saling tergantung termasuk pemantauan kemajuan pembukaan awal.

General Manager dan masing-masing kepala departemen memiliki cek list yang lengkap dan semua harus dikoordinasikan dan dipantau perkembangannya oleh General Manager sebagai manajer penanggung. Dikatakan bahwa salah satu dari sepuluh kesalahan yang dilakukan selama tahap pembukaan adalah tidak memiliki daftar cek list pekerjaan.

Berikut adalah langkah demi langkah yang harus di kerjakan pada saat pre opening hotel:

1. Pemeriksaan kondisi gedung secara keseluruhan

Tugas pokok yang utama adalah memeriksa kondisi gedung secara keseluruhan. Semua fasilitas dan utilitas harus berfungsi dengan baik. Baik lift, kolam renang, mesing pompa air, mesin kolam renang dan lain lain. Pastikan juga tidak ada kebocoran di setiap sisi gedung seperti kamar tamu, kolam renang, lobby, corridor dan lain sebagainya. Jika di temukan kekurangan segeralah buat laporan untuk di tindak lanjuti dan di lakukanperbaikan.

2. Pemeriksaan Interoir dan Exteroir

Interior kamar tamu, lobby, corridor, restaurant dan lain lain harus di pastikan semua dalam keadaan baik. Jangan sampai ada kekurangan yang nantinya dapat berakibat fatal pada saat hotel mulai di buka untuk pertama kalinya. Banyak hal detail yang harus di kerjakan di bagian interoir, semua harus di tempatkan seindah mungkin sehingga kelihatan menarik. Untuk kamar tamu, pastikan semua amenities sudah di lengkapi, tv dan ac berfungsi dengan baik dan sudah ada channel in house untuk promosi fasilitas hotel.

Hal lain adalah exteroir hotel. Ini berkaitan dengan tampak luar hotel itu sendiri. Pastikan semua lampu, sign, taman, penunjuk arah dan lain lain sudah tersedia dan terpasang sesuai standar. Jika perlu lakukan simulasi traffic management untuk pengelolaan parkir kendaraan.

3. Pelatihan Karyawan

Untuk memenuhi standar kerja, semua karyawan harus sudah di latih di outlet masing masing. Sebelum menghadapi tamu ada baiknya di lakukan simulasi berkali kali guna menghindari kesalahan pada saat nanti hotel sudah menerima tamu. Karyawan harus sudah fasih menggunakan system komputerisasi yang di sediakan di outlet masig masing.

Hal berikutnya adalah standard grooming dan greeting. Ini merupakan hal penting untuk front liner. Semua penampilan dan sapaan kepada tamu harus sama. Tidak boleh ada yang berbeda karena ini merupakan first impression dari hotel secara keseluruhan.

Semua karyawan harus sudah terlatih dengan baik, front office, house keeping, reservation, food and beverages harus sudah lancar menggunakan Property Management System. Begitu juga dengan engineering dan security, mereka harus punya standar kerja dan standar keamanan terutama dalam keadaan darurat.

Secara garis besar untuk Pre Opening sudah saya sampaikan di artikel ini, semoga bermanfaat buat anda. Untuk lebih detail tentang preopening anda bisa menghubungi kami di sini