Berita

Gambar  Bagaimana Cara Menghitung KDB dan KLB Bangunan apartemen ambassador 2 kuningan pemandangan kota 850x570

Bagaimana Cara Menghitung KDB dan KLB Bangunan

Jika anda berencana untuk membuat bangunan baru, hal yang paling pertama muncul di pikiran anda adalah berapa besar bangunan yang bisa di bangun dengan luas lahan yang ada? Anda tidak perlu kawatir tentang hal ini dan anda tidak perlu ragu untuk membuat rencana kerja anda. Secara sederhana anda bisa berasumsi sendiri sebelum anda mendatangi PTSP setempat. Sebut saja misalnya anda di Jakarta, anda bisa datang ke PTSP Jakarta Barat, PTSP Jakarta Pusat dan lain lain.

Secara garis besar, anda boleh berasumsi misalnya KDB 60%. Kenapa 60%? karena berdasarkan pengalaman saya kebanyakan KDB di lokasi tertentu adalah 60% ada juga yang 70% dan ada juga yang bahkan hanya 30%. Kenapa demikian? ini di sebebkan oleh lokasi tanah anda berada. Misalnya lokasi tanah anda berada di jalan utama, mungkin saja KDBnya kecil karena beberapa faktor, misalnya kepadatan lalu lintas, kepadatan penduduk, zona wilayah dan lain lain.

Apa yang dimaksud dengan KDB?

Arti dari KDB adalah Koefisien Dasar Bangunan. Yaitu persentase perbandingan antara luas lahan yang ada dengan lantai dasar atau tapak bangunan yang bisa di bangun. Biasanya di tandai dengan persentase (%). Maksudnya adalah batas lahan maksimal yang diizinkan untuk dibangun dalam lahan tersebut.

Jadi sekarang, ketika anda ingin mulai membangun anda harus memeriksa KDB terlebih dahulu ke dinas terkait di kota anda, sehingga anda akan mengetahui berapa KLB yang bisa anda bangun.

Apa arti KLB?

Koefisien Lantai bangunan atau KLB adalah jumlah bangunan keseluruhan baik lantai dasar, lantai satu, lantai dua dan seterusnya yang di perbolehkan untuk di bangun.

Ketika anda sudah mengetahui KDB (tapak bangunan) anda bisa menghitung luas dengan dengan rasio yang ada. Biasanya di tandai dengan angka misalnya 1, 1.5, 2, 3 dan seterusnya. untuk lebih jelasnya anda bisa melihat contoh gambar di bawah ini:

Gambar  Bagaimana Cara Menghitung KDB dan KLB Bangunan Gambar KDB 640x326
Contoh KDB dan KLB

Bagaimana cara menghitung KLB?

Sekarang bagaimana cara menghitung KLB? Cara menghitungnya sederhana sekali yaitu luas lahan di kalikan dengan rasio KLB.

Contoh perhitungan KLB

Misalnya anda memiliki lahan lahan seluas 1000 m2, dengan KDB 60 % dan KLB = 1,20 perhitungannya sebagai berikut:

1000m x 60% maka sisa tanah yang boleh anda bangun adalah 600m (KDB)

Jadi perhitungan KLBnya: 1000m x 1.20 = 1200m.

Cara Menghitung KDB dan KLB

9.5

Tingkat Akurasi

10.0/10

Keahlian

8.0/10

Layanan

10.0/10

Kepuasan

10.0/10

Facility & Sourounding

  • Menghitung KDB
  • Menghitung KLB
  • Design

Availability

  • Konsultan Properti
  • Konsultan Hotel
Bagaimana kami bisa membantu anda?
Hubungi Kami Via WhatsApp
Hallo.. Bisa dibantu? Jam kerja kami Senen - Jum'at 08.30 - 17.00 Sabtu 09.00 - 15.00